Pengunjung Blog

Musik

JKT48 Fortune Cookie Yang Mencinta – brought to you by mBoX Drive

Free Mp3 Uploads at mBoX Drive

Selasa, 08 Oktober 2013

PERGERAKAN VS PEMERINTAHAN#


Oleh:
Nurjannah
PERGERAKAN VS PEMERINTAHAN

Mahasiswa memiliki peranan penting dalam suatu peradaban. Ditangan merekalah kebangkitan suatu suatu bangsa, sebagaimana slogan yang mengatakan “Aset terpenting suatu bangsa adalah pemudanya”.Pemuda disini tidak pernah lepas dari yang namanya mahasiswa.Kalau kita kembali melihat atau membuka lembaran-lembaran sejarah, banyak sekali perubahan-perubahan yang telah ditorehkan oleh kaum muda.Mereka membentuk berbagai gerakan-gerakan untuk menumbangkan ketidakadilan yang terjadi dalam bangsa ini.
Pada masa orde baru, kesatuan-kesatuan mahasiswa yang terbentuk dalam berbagai elemen pergerakan mampu menurukan Presiden Soeharto dari jabatannya, walaupun banyak diantara para mahasiswa yang menjadi korban dari insiden itu.Diturunkannya Soeharto dari jabatan kepresidenan karena banyak sekali keputusan-keputusan yang membatasi ruang gerak masyarakat sebagai warga Negara Indonesia, diantaranya tidak adanya kebebasan untuk mengeluarkan pendapat.
Semangat-semangat kaum muda pada masa itu masih kita warisi sampai sekarang, tapi alur geraknya sudah tidak sama lagi dengan yang dilakukan oleh generasi-generasi pendahulu kita. Pergerakan mahasiswa hari ini sudah banyak ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan pribadi maupun kepentingan-kepentingan kelompok.Akibat dari semua itu menimbulkan dampak negatif bagi kepentingan rakyat.Keputusan-keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah dengan dalih untuk kesejahteraan rakyat malah menyengsarakan rakyat pribumi sendiri. DPR yang katanya sebagai wakil rakyat hanya berpangku tangan melihat semua itu.Mereka mulai lupa dengan tugasnya ketika berhadapan dengan uang.
Rakyat menderita, para pejabat mulai berpesta pora membanggakan bangsa yang makin ambur aduk dengan segala ketidakadailan. Jika Ir. Soekarno kembali hidup, maka dia akan mengatakan”Sia-sia Saya mempercayakan bangsa ini pada pemuda”.Fenomena-fenomena yang kita saksikan di Era Globalisasi ini sebenarnya merupakan kegagalan dalam pengelolaan pemerintahan.
Undang-undang yang merupakan dasar negara mulai direvisi dengan dalih disesuaikan dengan perkembangan zaman.Isinya pun mulai kontradiksi dengan pelaksanaannya.Pasal yang menyatakan“Segala kekayaan alam dikelola dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat.”Sekaranghanya dikelola untuk kepentingan pribadi dan kepentingan orang-orang luar.Itulah fenomena bangsa kita hari ini, sekarang tugas kita sebagai generasi penurus adalah memerdekakan kembali bangsa ini dari penjajahan internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar